-->

Kumpulan Aneka Resep Indonesia Mudah Praktis Enak

Cara Membuat Klepon Isi Gula Merah

Cara Membuat Klepon – Ragam dan macam kue di indonesia ini sangat banyak, salah satunya yang akan kami bagikan yaitu resep cara membuat klepon. Klepon termasuk dalam kategori jajanan pasar, karena makanan ini banyak dijumpai di pasar-pasar, khususnya pasar tradisional. Cemilan berbahan dasar tepung ini, juga dapat dipadukan dengan isian gula merah, serta taburan parutan kelapa dibagian luarnya. Dewasa ini untuk kue-kue semacam ini sudah agak sulit didapat karena sudah jarang yang menjualnya. Sangat di sayangkan memang mengingat kue klepon ini termasuk warusan kuliner indonesia yang harus dilestarikan. Kue klepon sendiri bisa dibuat dari berbagai macam bahan utama seperti kue klepon ketan, kue klepon ubi, kue klepon singkong, kue klepon kentang dan lain-lain. Isiannya pun bisa kita isi sesuai selera kita, namun umumnya kue klepon itu berisi gula merah di dalamnya dan diguling-gulingkan diatas parutan kelapa.

Cara membuat klepon memang gampang gampang susah, namun anda tidak perlu kuatir karena kami akan share resepnya disini. Namun bagi anda yang sudah jago memasak, tidak ada salahnya jika anda menyimak resep dari kami ini sebagai referensi anda. Nah info pentingnya saat membuat klepon disarankan jangan mengisi klepon dengan gula merah yang terlalu banyak. Karena isian yang terlalu banyak dapat membuat klepon anda pecah, ataupun membuat isian tidak matang / menggumpal. Jadi sebaiknya anda memberi isian yang cukup saja dan jangan terlalu banyak. nah tanpa basa basi lagi silahkan anda ikuti resep ini agar anda mengetahui cara membuat klepon ini :

Cara Membuat Klepon
Cara Membuat Klepon

Bahan - Bahan Resep Klepon :

  • 250 gr tepung ketan
  • 225 ml air hangat
  • 30 lembar daun suji, yang yang telah ditumbuk
  • 1 sdm air kapur sirih
  • ¼ sdt garam
  • 100 gr gula merah, sisir
  • ½ buah kelapa setengah tua,
  • 1 sdt pasta pandan

 Cara Membuat Klepon isi gula merah :

  1. Parut kelapa kasar, campur dengan ¼ sdt garam, lalu kukus selama 10 menit, sisihkan.
  2. Tuang 1 sendok makan air hangat ke atas daun suji lalu remas-remas, peras dan saring airnya.
  3. Campur rata tepung ketan, pasta pandan, air kapur sirih dan garam lalu tuang air daun suji dan air hangat, uleni hingga kalis.
  4. Ambil 1 sdt adonan, pipihkan lalu isi dengan gula merah (jangan terlalu banyak karena adonan bisa pecah saat di rebus) lalu bentuk bulat sampai halus agar saat direbus tidak pecah. Lakukan terhadap semua adonan dan jangan lupa untuk menutupi adonan yang belum dibentuk agar tidak kering. Jika adonan menjadi kering atau mudah patah saat dibentuk, tambahkan 1-2 sendok teh air lalu aduk rata.
  5. Selanjutnya rebus hingga mendidih masukkan adonan hingga terapung. Angkat tunggu sedikit dingin, lalu gulingkan klepon di kelapa kukus secara merata.
  6. Klepon siap disajikan.
Demikian resep dari kami, nah jadi tahu kan gimana cara membuat klepon isi gula merah nya. Jadi sekarang bunda sudah enggak bingung lagi ya. klepon cocok juga dipadukan dengan teh atau kopi, dan bisa menjadi teman santai yang nikmat. O iya jangan lupa cobain resep camilan kami yang lain seperti resep kue putri salju ini, silahkan anda coba dirumah. Terima kasih telah membaca artikel resep cara membuat klepon dari kami, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment